Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman

KESBANGPOL KOORDINASIKAN DISTRIBUSI BANTUAN KEUANGAN PARPOL TAHUN 2020

0

- Advertisement -

PANGKALPINANG-BADAN KESBANGPOL : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pangkalpinang menggelar rapat koordinasi terkait distribusi bantuan keuangan parpol bersama perwakilan beberapa partai politik Rabu (12/8/2020).

Pertemuan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Rico Ariputra (mewakili kepala badan) dan dipandu oleh Kasi Politik Dalam Negeri Marini, SIP., MA.

Dalam sambutannya, Rico menyampaikan beberapa aspek administratif atas mekanisme penyaluran bantuan keuangan tersebut. Kenaikan besaran bantuan dari tahun sebelumnya hingga persoalan tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK tahun 2019 turut menjadi perhatian.

“Sebagaimana yang diamanatkan dalam petunjuk teknisnya, bantuan keuangan ini diprioritaskan ke arah pendidikan politik bagi para kader/simpatisan maupun masyarakat. Juga dimungkinkan untuk penunjang kegiatan operasional kesekretariatan di masing-masing parpol,” jelas Rico.

Sementara, Kasi Politik Dalam Negeri Marini, SIP., MA mengingatkan kepada perwakilan partai politik untuk memperhatikan kaidah-kaidah formal dalam proses pengusulan bantuan. Beberapa hal yang menjadi perhatiannya yakni aspek proposal, konsekuensi atas tindak lanjut hasil pemeriksaan serta pertimbangan administratif lainnya.

“Kita berharap bantuan keuangan ini berdampak positif bagi parpol penerima. Di dalam proposal pengusulan, agar dapat diprioritaskan program-program yang menunjang peningkatan kapasitas organisasi. Tertib administrasi, tata laksana pelaporan harus menjadi perhatian,” pungkas Marini. (Yori)

Leave A Reply

Your email address will not be published.