Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman

PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI ; INI IMBAUAN KESBANGPOL

0

- Advertisement -

Pangkalpinang-Badan Kesbangpol : Menjelang Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang akan dilaksanakan pada hari Senin (17/8/2020), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pangkalpinang mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti beberapa kaidah formal sebagaimana yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pangkalpinang Anggo Rudi, SE., MM, menegaskan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkaan Surat Edaran dengan Nomor 003.1/3736/POLPUM tentang Penghormatan Saat Pengumandangan Lagu Indonesia Raya. Beberapa hal yang diimbau yakni; 1) mendorong instasi pemda untuk membunyikan sirine/bunyi penanda lainnya saat Lagu Indonesia Raya dikumandangkan; 2) Agar masyarakat dapat menghentikan segala aktivitas pada momen tersebut selama beberapa menit yang dimulai pada pukul 10.17 WIB; 3) Agar seluruh pemangku kepentingan dapat terlibat dan mengikuti giat Upacara Penaikan dan Penurunan Bendera Merah Putih; 4) Mendorong seluruh insan media untuk menyiarkan Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI khususnya Peringatan Detik-Detik Proklamasi di masing-masing wilayah; dan 5) Badan Kesbangpol dapat melaporkan pelaksanaan rangakaian kegiatan tersebut secara berjenjang dan hierarkis.

“Itulah beberapa imbauan yang dikeluarkan oleh Kemendagri. Kami, Kesbangpol di seluruh pemerintah daerah diarahkan untuk menginformasikan ketentuan itu kepada publik. Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti ketentuan ini. Caranya sederhana saja, stop aktivitas beberapa menit saat pukul 10.17 WIB, berdiri tegak sebagai bentuk sikap hormat dan tetap perhatikan kaidah protokol kesehatan,” terang Anggo.

Sementara terpisah. Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan KESBA Badan Kesbangpol Kota Pangkalpinang Langkir Santoso, SH menyampaikan beberapa hal terkait persiapan pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di lingkup Pemkot Pangkalpinang. Hingga Minggu siang, (16/8/2020), kesiapan panitia khususnya yang berkaitan dengan venue upacara dan rangkaian kegiatan terkait lainnya sudah mencapai 95 persen. Ia bersama Tim Kesbangpol masih terus memantau dan mematangkan persiapan kegiatan dengan tetap berkoordinasi ke pihak terkait mulai dari pihak Sekretariat Daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga serta beberapa pihak luar yang terlibat.

“Persiapannya terus kita finalisasi. Masih ada hal-hal teknis yang harus dimatangkan. Saya secara pribadi maupun institusi menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh yang terlibat di kegiatan ini, baik kepada rekan-rekan di Kesbangpol sendiri maupun pihak lain yang sudah sangat membantu. Kepada masyarakat, saya mengajak dan mengimbau untuk mengikuti kaidah dan ketentuan yang telah ditetapkan saat upacara besok. Harapan kita semua, Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di lingkup Pemkot Pangkalpinang dapat berjalan dengan baik,” papar Langkir. (Teddy E)

Leave A Reply

Your email address will not be published.