Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman

SEKBAN TARGETKAN 2021 ONE STOP SERVICE KESBANGPOL DIMULAI

0

- Advertisement -

Pangkalpinang-Badan Kesbangpol : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pangkalpinang mulai melakukan pembenahan di beberapa sektor terutama yang berhubungan dengan pelayanan data dan informasi. Hal tersebut ditegaskan oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Komariah, SH seizin Kepala Badan, Selasa (11/8/2020).

Menurutnya, keinginan seluruh pihak yang ada di Badan Kesbangpol adalah merubah perspektif pihak luar yang cenderung memarginalkan tugas serta fungsi perangkat daerah tersebut. Padahal lanjutnya, Badan Kesbangpol merupakan institusi pemerintah daerah yang melaksanakan urusan wajib pemerintahan umum.

“Poinnya adalah kita ingin merubah perspektif. Dari Kesbangpol yang dianggap kurang berperan menuju ke arah Kesbangpol yang akseleratif dalam pelaksanaan tugas sehingga dapat menunjang jalannya pemeritahan dan pembangunan di Kota Pangkalpinang,” papar Komariah.

Berkenaan dengan itu, beberapa program strategis akan dilaksanakan di tahun 2021 mendatang. Bahwa di satu sisi, Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan petunjuk teknis kepada seluruh institusi Kesbangpol di daerah untuk melakukan sinkronisasi program kegiatan. Sedangkan di sisi lain lanjutnya, Kesbangpol juga akan menggulirkan beberapa program kegiatan baru, salah satunya adalah dimulainya kebijakan One Stop Services Kesbangpol.

“Target kita di perubahan anggaran tahun 2021, One Stop Services Kesbangpol akan kita gulirkan. Yang kita benahi yakni, pola pelayanan administrasi dari yang formatif saat ini ke pelayanan berbasis front office. Untuk itu, kita akan bangun partisi pelayanan di pintu masuk kantor yang akan didukung oleh petuga FO kita,” papapar Komariah.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Badan Kesbangpol ini melanjutkan, aspek lain yang akan disasar dalam upaya pembenahan tersebut yakni, pengelolaan informasi dan dokumentasi Badan Kesbangpol berbasis teknologi informasi. Saat ini, pihaknya sangat aktif dalam pengeloaan dan pengembangan website. Tidak menutup kemungkinan, pelayanan administratif yang berhubungan dengan pekerjaan bidang-bidang yang ada di Badan Kesbangpol bisa optimal.

“Kalau tidak ada halangan, di Perubahan Anggaran 2021, kita akan punya Aplikasi milik Kesbangpol sendiri yakni SEDAP OK atau Sistem Elektronik Data Politik, Ormas dan Kebangsaan. Aplikasi ini akan memudahkan kami dalam memberikan pelayanan data informasi maupun pelayanan pendaftaran ormas, insya Allah,” pungkas Komariah. (Rachmawati)

Leave A Reply

Your email address will not be published.